دسته‌بندی نشده

Memprediksikan Tren Mode masa datang untuk usaha

Memprediksikan Tren Mode masa datang untuk usaha

Memprediksikan tren mode untuk designer dan pemilik merek. Memprediksikan tren mode masa datang adalah bentuk saat meng ikuti perubahan zaman. Karena sebetulnya, setiap usaha tentu inginkan upayanya sukses dan berkembang. Sebuah usaha pasti berkembang jika sudah dilaksanakan rencana usaha yang masak semenjak awal. Ini dilaksanakan supaya bisa bertahan di dalam tengah-tengan tren mode yang selalu berubah.

Sudah pernahkah kamu berpikiran, darimanakah merek atau mode designer ketahui tren mode tahun depannya? Atau, bagaimana majalah model dapat memprediksikan tren mode?

Perkiraan Tren Mode dengan Tren Forecasting

Salah satunya langkah untuk memprediksikan tren mode dengan tren forecasting. Di dunia model, kita mengenali sebuah sistem yakni tren forecasting atau peramalan untuk memprediksikan tren beberapa saat ke depan. Memprediksikan tren ini bisa berbentuk 1 sampai 5 tahun depan. Tren forecasting mempunyai tujuan untuk munculkan desain baru yang diprediksikan akan laris dan penuhi hasrat pasar. Perkiraan ini dibikin lewat penelitian pasar dan memerhatikan peristiwa sosial dan budaya yang berjalan pada sebuah negara.

Untuk mempermudah saat menganalisis tren, mode tren dipisah jadi empat tipe:

Mega
Mega tren dipacu oleh peralihan atau kejadian besar yang terjadi. Seperti; perubahan ekonomi, sumber daya, tehnologi, peralihan sosial, dan urbanisasi. Karena itu, tidak ada rangka tertentu untuk durasi waktu mega tren
Macro
Macro tren ialah turunan dari mega tren yang bisa bertahan dari 5 sampai sepuluh tahun.
Mikro
Seperti mega dan macro, mikro tren ialah cabang dari macro tren dan bisa bertahan sekitaran 2 sampai lima tahun. Mikro tren umumnya berubah dari musim ke musim dan terkait dengan warna, model, dan dampak budaya terbaru.
Fad
Memiliki waktu durasi yang sedikitnya, fad tren terkait dengan ketertarikan customer pada tren yang terkenal. Umumnya bertahan sekitaran satu tahun atau mungkin kurang.
Kemampuan tren forecasting sangat diperlukan dengan seorang mode designer atau pemilik merek supaya lebih gampang untuk tentukan koleksi terbaru dan meminimalkan kemungkinan barang tidak habis terjual.

Langkah Memprediksikan Tren Mode masa datang

Proses tren forecasting untuk setiap merek umumnya berbeda. Seperti baju wanita lebih banyak adopsi dari tren mikro dibanding baju pria karena semakin banyak keluarkan koleksi baru /tahunnya.

Perusahaan tren forecasting
WGSN, Promostyl, Pantone, dan Pattern People ialah sedikit dari jumlahnya perusahaan tren forecasting yang berada di dunia. Di Indonesia sendiri, Kementrian Pariwisata click here dan Ekonimi Inovatif (Kemenparekraf) RI membuat tim dari industri inovatif Indonesia yang dinamakan Indonesia Tren Forecasting. ITF membuat perkiraan dan belakangan ini mengeluarkan sebuah penelitian berkenaan tren mode di Indonesia dengan judul Indonesia Tren Forecast 2021/2022.
Majalah dan web
Saat memprediksikan tren, saat ini beberapa media dunia yang sediakan informasi tren forecasting seperti majalah Vogue dan Harper’s Bazaar atau web Who What Wear, The Couveturur, dan My Domaine. Umumnya, beberapa media ini tambah gampang untuk dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.